PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA BERBICARA UNTUK BERCERITA
DALAM BENTUK TEKS LISAN NARATIF
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN DOMINO NARRATION
DI KELAS X AKSELERASI SMA
NEGERI 1 PATI
SEMESTER
GASAL
TAHUN AJARAN 2013/2014
Palita
Ruhamaningtyas *)[1]
Abstrak:
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara untuk bercerita
dalam bentuk teks lisan naratif melalui model pembelajaran Domino Narration.
Data
diambil dengan menerapkan Domino
Narration pada dua siklus.
Analisis
data menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian speaking.
Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa sebesar 55% pada siklus I
menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan
keterampilan
siswa berbicara
ditunjukkan dengan prosentase very good
(61%) dan good (39%) pada siklus I
menjadi excellent (28%) dan very good (72%) pada siklus II.
Kata kunci: Speaking,
Teks Lisan Naratif, Domino Narration, Cooperative Learning
Abstract: This
research is aimed to improve students’ speaking ability to tell stories in form
of oral narrative by means of Domino Narration learning model. The data
gathered by applying Domino Narration within two cycles is analyzed by using
observation sheet and speaking rubric. The result shows the improvement of
students’ activeness from 55% in Cycle I to 100% in Cycle II and the
improvement of speaking ability from very good (61%) and good performance (39%)
in Cycle I to excellent (28%) and very
good one (72%).
Keyword:
Speaking, Oral Narrative, Domino Narration, Cooperative Learning
Jurnal ini pernah diterbitkan dalam Jurnal Kependidikan Didaktika Tahun 5, Nomor 18, Juni 2013 ISSN 2085-9791
0 komentar:
Posting Komentar