Contoh RPP K13 Bahasa Inggris Kelas XI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan     : SMA/SMK................................
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XI/2
Materi pokok                   : Teks Information/Factual Report lisan dan tulis sederhana,                                     tentang  orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan
sosial
Alokasi waktu                       : 6 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi:
v Kompetensi Dasar (KD):
1.1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.     Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional. 
3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial pada teks factual/information report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah factual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana  sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
v Indikator:
·      Mengidentifikasi makna kata  dalam teks factual/information report.
·      Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca.
·      Mengidentifikasi unsur-unsur kebahasaan dari teks factual/information report.
·      Menentukan struktur teks dari teks factual/information report.
4.13.   Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan Mata Pelajaran lain  Kelas XI.
v Indikator:
·         Menjawab pertanyaan terkait dengan teks tentang Cheetah.
·         Menceritakan kembali isi teks secara lisan.
·         Menceritakan kembali isi teks secara tulis.


C.  Tujuan pembelajaran:
Pertemuan 1
Siswa dapat menganalisis dan menangkap makna teks factual/information report lisan dan tulis sederhana tentang gejala dan peristiwa alam dan sosial untuk melaksanakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.

Pertemuan 2
Siswa dapat menangkap  makna dan menyusun teks factual/information report lisan sederhana tentang benda dan hewan dan dapat memberikan contoh teks factual/information report lainnya, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.

Pertemuan 3
Siswa dapat menciptakan dan mempresentasikan sebuah dialog/wawancara untuk melaksanakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan yang runtut, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara , disiplin,  bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.

D.  Materi pembelajaran:
Pertemuanke 1:
1.      Teks factual/information report tulis sederhana tentang Earthquake” (Buku Bahasa Inggris XI halaman 28.)
Earthquakes
The Most Deadly Natural Hazards
Earthquakes-being among the most deadly natural hazards-strike without any prior warning, leaving catastrophe in their wake terrible loss of human lives as well as economic loss.
Technically, an earthquake (also known as tremor, quake or temblor) is a kind of vibration through earth’s crust. This vibration occurs as result of powerful movement of rocks in the earth’s crust. These powerful movements trigger a rapid release of energy that creates seismic waves that travel through the earth. Earthquakes are usually brief, but  may repeat over along period of time.(Earth Sience.2001)
Earthquakes are classified as large and small. Large earthquakes usually begin with slight tremors but rapidly take form of violent shocks. The vibrations from a large earthquake last for few days known as aftershocks. Small earthquakes are usually slight tremors and do not cause much damage. Large earthquakes are known to take down building and cause death and injury (Richter, 1935)
According to some statistics, there may be an average of 500,000 earthquakes every year but only about 100,000 can be felt and about 100 or so can cause damage each year.
The study of earthquakes is called seismology. Seismology studies the frequency, type and size of earthquakes. Earthquakes are measured using observation by seismometers. The magnitude of an earthquakes and its intensity is recorded on a numerical scale known as Richter scale. On this scale, 3 or less is hardly noticeable. Earthquakes with magnitude of more than 6.5 can cause heavy damage.
The effects of an earthquake are strongest in the area which near its epicenter. The extent of the earthquakes vibration and further damage to the region is partly dependent on the features of the ground. The worst possible damage occurs in the densely populated areas where structures are not built to withstand intense shaking. Damage and loss of life incurred during earthquake is due to falling buildings and flying glass and objects. In certain areas, an earthquake can cause mudslides that can bury areas under it. Powerful submarine earthquakes cause tsunami or a chain of fast moving waves in the ocean that ripple outward from earthquake epicenter toward coastal areas causing surmountable damage(http//:www.USGS.Org).On an average,1,000 earthquakes with intensities of 5.0 or greater are recorded each year.


2.      Structure of an information report (halaman 34)
Formal written report usually follows a specific structure:
Ø Introductory paragraph also known as general classification - It introduces the topic/subject.
Ø Body Paragraphs - A Series of paragraphs that provide detailed information on the topic. For example, body, parts, qualities, functions, habits, behaviors, etc.
-          Paragraph 1 (description)
-          Paragraph 2 (description)
-          Paragraph 3 (description)
Ø Information report has no ending or a conclusion but rounds off with a statement that      summarizes the contents of the report.
Ø Glossary: It is place at the end of the information report. It defines all the technical terms or words used in the report. It is optional.
Ø Bibliography: It is a list of book, journals, magazines or websites used in the report. It is optional

3.      Feature of an information of report (halaman 34)
Ø  Use of present tense, such as live, is, are, etc.
Ø  Use of passive voice, such as is eaten, are grown, was written etc.
Ø  Use of words which generalize, such as all, many, none, most, etc.
Ø  Use of relational verbs, such as have, consists of, is made up of, creates, indicates, etc.
Ø  Use of technical vocabulary relevant to the subject.
Ø  Use of descriptive but factual language, such as color, shape, size, habits, behaviors etc,

Pertemuan ke 2:
4.      Teks factual/information report tulis sederhana tentang Cheetah. (halaman 35)

Pertemuan ke 3:
5.      Active Conversation (halaman 40)

E.  Metode Pembelajaran:
·         Project based learning, Unjuk kerja, Diskusi,  Tanya-jawab, dan Presentasi

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.      Media                     : Power Point Presentation
2.      Alat                         : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar      : Guru, Buku Bahasa Inggris kelas XI, majalah, koran , website

G.      Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Memotivasi peserta didik  akan manfaat pembelajaran teks factua/informationl report tentang gejala dan peristiwa alam dan sosial
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mereviu.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan rencana kegiatan pada pertemuan ini.
·         Menayangkan beberapa gambar pada slide powerpoint yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari dan melakukan tanya jawab seputar gempa bumi.

b.       Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (10’)
·      Dalam kelompok, peserta didik mengamati gambar dan dibimbing oleh guru peserta didik belajar menemukan gagasan pokok dari teks yang menyertainya dan mendiskusikan beberapa kosakata.
Menanya (15’)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain   tentang kondisi  yang terjadi pada gambar, kosakata baru, dari teks “earthquakes”.
Mengumpulkan Informasi (50’)
·         Peserta didik dalam kelompoknya masing-masing berdiskusi dalam membuat resume  dari teks earthquakes ( idea of each paragraph)
·         Peserta didik secara berkelompok menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci, fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks factual/information report yang dibaca.

c.    Penutup (5’)
·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·      Memberikan tugas proyek untuk membuat poster berkenaan dengan benda dan hewan
·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2
a.         Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Memotivasi peserta didik  akan manfaat pembelajaran teks factual/information report tentang benda dan hewan
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mereviu.
·          Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan rencana kegiatan pada pertemuan ini.

b.         Kegiatan Inti (75’)
Mengumpulkan Informasi (45’)
·      Peserta didik duduk dalam kelompok yang baru dan secara bersama-sama mengidentifikasi dan memilih 1 teks yang memiliki struktur yang sama dengan teks factual/information report pada pertemuan sebelumnya, misalnya teks “earthquakes”  .
·      Peserta didik secara berkelompok membacakan teks factual/information report dari berbagai sumber yang sudah ditugaskan sebelumnya dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat.
·      Peserta didik secara berkelompok membaca teks factual/information report yang mereka bawa untuk menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dan struktur teks dari teks factual/information report yang dibaca.
·      Peserta didik secara berkelompok menyusun potongan kertas yang berisi informasi  yang belum tersusun sehingga menjadi teks factual/information report yang bermakna.
Mengasosiasi (30’)
·      Peserta didik membedakan teks factual report “earthquakes”,  dan teks  yang mereka bawa dari berbagai sumber
·      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang saat diskusi dalam kerja kelompok.

c.         Penutup (5’)
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·      Guru memberian tugas mengubah factual/information report menjadi bentuk poster.
·      Peserta didik dengan diarahkan guru menyepakati rencana kerja dan jadwal pembuatan poster.
·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
a.      Kegiatan Pendahuluan (5’)
·      Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·      Memotivasi peserta didik akan manfaat pembelajaran teks factual/information report tentang gejala dan peristiwa alam dan sosial
·      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mereviu.
·       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan rencana kegiatan pada pertemuan ini.

b.      Kegiatan Inti (80’)
  Mengasosiasikan ( 20’)
·      Berdiskusi menciptakan teks wawancara dalam kelompok.
 Mengomunikasikan (60’)
·      Mempraktekkan hasil diskusi masing-masing kelompok secara bergantian

c.       Penutup (5’)
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·      Memuji dan mengucapkan terimakasih kepada semua siswa.
·      Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

H.      Penilaian hasil pembelajaran
1.    Speaking: Interview
Rubrik penilaian



No
                      Skore / aspek

Nama Peserta didik
Pengucapan
Intonasi
Kelancaran
Ketelitian
Jumlah Skor
Nilai (Jmlh Skor : 4)
1







2







3







4








Keterangan skor tiap aspek
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan (Pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
2
Intonasi (Intonation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran (Fluency)
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
4
Ketelitian (Accuracy)
Sangat teliti
5
Teliti
4
Cukup teliti
3
Kurang teliti
2
Tidak teliti
1


2.    Jenis/instrumen/rubrik
    Proyek
a.    Melakukan monolog pemaparan isi Poster
Rubriks untuk penilaian proyek
            Nama Proyek              :
            Alokasi Waktu                        :
            Guru Pembimbing       :
            Nama                           : (Kelompok dan anggotanya)
            Kelas                           :

No
Aspek
Skor (1-%)
Keterangan
1
2
3
4
5

1
Perencanaan
Pembuatan Poster






2
Pelaksanaan
ii.                 i.  Isi







   iii.     Struktur







   iv.     Kosakata







     v.     Kalimat







   vi.     Mekanik






3.
Laporan Proyek







3.    Penugasan/ulangan harian
Tugas                 : Teks
Ulangan Harian :  Pertanyaan                 

4.    Observasi: 
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                      Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab
peduli
Kerjasama
Cinta damai
santun
1






2






3






4






Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1        = Sangat Kurang  2 = Kurang  3 = Cukup 4 = Baik   5 = Amat Baik


Mengetahui
Kepala Sekolah



……………………………
NIP.

Guru Mata Pelajaran



………………………………..
NIP.

SHARE

Palita Ruhamaningtyas

I am an English teacher in SMA N 1 Pati who love to read and write. -You know my name, not my story. You know what I've done, not what I've been through. If you were on my shoes, you'd fall at the first step.- ^_^

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

3 komentar: