BEST PRACTICE: TWITTER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN WRITING BAGI SISWA SMA NEGERI 1 PATI




ABSTRAK

            Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran mengutamakan keaktifan siswa dan mengurangi peran guru di kelas. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terjadi permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan metode, ataupun media pembelajaran lain yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa untuk mendukung aktivitas belajar mereka di dalam dan luar kelas. Rumusan masalah dalam Best Practice ini adalah “Apakah Penggunaan Twitter sebagai media pembelajaran dan sumber belajar di SMA Negeri 1 Pati Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Keterampilan Menulis? Tujuan dari tulisan ini antara lain untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis melalui media sosial Twitter, (2) mengembangkan strategi pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan, serta (3) meningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi siswa dalam mengungkapkan ide-ide secara tertulis dan sistematis.
             Hasil dari pengalaman penggunaan Twitter sebagai media pembelajaran dan sumber belajar di SMA NEgeri 1 Pati khususnya kelas X MIA adalah sebagai berikut: (1) Semua siswa mendapatkan nilai keterampilan menulis di atas nilai KKM (79). Sebanyak 67% siswa mendapat nilai 80-85, 29% siswa mendapat nilai 86-90, dan 4% siswa mendapat nilai di atas 90; (2) Pembelajaran dengan mengunakan Twitter sebagai media pembelajaran dan sumber belajar meningkatkan motivasi, aktivitas belajar dan kreativitas siswa.  Peningkatan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa;  (3) Pembelajaran dengan menggunakan Twitter merupakan pembelajaran yang mudah diterapkan dan efisien, serta (4) Inovasi pembelajaran yang kreatif di era teknologi sangatlah diperlukan.

Kata Kunci: hasil belajar, keterampilan menulis, Twitter, media pembelajaran


SHARE

Palita Ruhamaningtyas

I am an English teacher in SMA N 1 Pati who love to read and write. -You know my name, not my story. You know what I've done, not what I've been through. If you were on my shoes, you'd fall at the first step.- ^_^

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar